Minggu, 06 Januari 2013

Apa Pengertian Blog ?


Apakah Pengertian Blog ?


Jika kita mengetikkan keyword "Pengertian Blog" di mesin pencari seperti Google, disitu akan kita temukan lebih dari 200 juta situs yang mengulas tentang ini. Salah satunya yang menurut saya cukup lengkap penjelasannya adalah situs Wikipedia, disitu tertulis lengkap tentang pengertian blog, sejarah blog, dan juga jenis-jenis blog. Dibawah ini adalah review tentang devinisi Blog yang tertulis di Wikipedia.
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Bila kita uraikan lagi definisi diatas mungkin kurang lebihnya seperti ini :
Blog adalah singkatan dari kata Web dan Log, kata Web yang berarti Website dan Log yang berarti Tulisan. Jadi menurut pengertian istilah Blog adalah tulisan pada website. Lebih rincinya blog adalah wujud aplikasi yang berupa tulisan-tulisan serta berbagai jenis file lain (mis. Gambar, Video, Audio, dsb.) yang dimuat pada satu atau lebih halaman website. Tulisan dan berbagai jenis file lainnya ini dalam aplikasi blog disebut dengan istilah "artikel". Artikel yang ditulis itulah kemudian dipublish pada halaman website dan selanjutnya disebut sebagai "Posting".

Pada umumnya pemilik website blog akan memposting artikelnya secara kontinyu, karena itu adalah salah satu ciri pada sebuah blog. Dan karena blog adalah aplikasi pada halaman website, maka untuk dapat melihat isi dari sebuah blog haruslah terhubung dengan internet.
Banyak juga orang yang menyebut Blog sebagai diary online. Semacam catatan pribadi yang ditulis pada halaman web. Di dalam Blog juga memungkinkan antara si-penulis dan pembaca dapat saling berdiskusi satu sama lain, salah satunya yaitu melalui kotak komentar yang terdapat pada blog tersebut.
Semakin menjamur saja dunia blog dari tahun ke tahun, mulai anak remaja sampai orang tua banyak sekali yang ikut terjun membuat blog dengan tujuan mereka masing-masing. Ada beberapa istilah yang mungkin akan sering kita lihat dalam dunia Blog, diantaranya adalah dibawah ini :

  • Blogger : adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang membuat blog. Dengan kata lain Blogger adalah si-pembuat blog atau orang-orang yang menulis pada sebuah blog.
  • Newbie : yang artinya pemula, istilah ini digunakan untuk menyebut orang-orang yang baru terjun dalam dunia Blog. Atau sebut saja Newbie itu adalah Blogger Pemula. Seperti kita :)
  • Blogging : yaitu istilah yang digunakan untuk menyebut aktifitas yang berhubungan dengan blog, Blogger di Indonesia lebih sering menyebutnya 'Ngeblog'.
  • Blog Walking : ini adalah istilah yang digunakan untuk Blogger saat ia melakukan kunjungan di Blog milik orang lain, misalnya untuk mencari informasi maupun sekedar silaturahmi sesama Blogger.
  •  
Masih banyak sekali istilah-istilah dalam dunia Website Blog yang akan sering kita temui. Namun daftar diatas itu adalah beberapa istilah yang mungkin akan paling sering kita dengar sebagai seorang blogger. Untuk daftar istilah-istilah dalam dunia Website Blog selengkapnya akan saya tulis di lain judul.

Lalu apa tujuan seseorang membuat blog ?

Tujuan orang membuat blog tentu beragam, saya kira itu tergantung si-blogger tersebut untuk menentukan sendiri apa tujuan dia membuat blog.

Sebagai gambaran dibawah ini saya akan menuliskan beberapa contoh tujuan umum dari Blog :

  • Sebagai diary online atau catatan harian online
  • Untuk menyampaikan informasi ataupun mencari informasi 
  • Mencari jaringan, misal pertemanan
  • Membangun komunitas, misalnya membuat forum pada blog
  • Wadah bertukar informasi, ide atau pendapat
  • Media promosi, contoh berjualan produk atau jasa
  • Menyalurkan hobi menulis, bagi mereka yang hobi menulis
  • Ajang untuk berkreasi atau berkarya
  • Dan lain sebagainya

Saya rasa sekarang kamu akan bisa menjelaskan sendiri tujuan seseorang membuat blog.
Lalu apa manfaat yang didapat dari membuat blog ?
Untuk seseorang yang sudah lama terjun di dunia perbloggan, tentu sudah merasakan sendiri manfaat apa saja yang di dapat dari kegiatannya ngeblog. Mungkin salah satunya ada pada contoh dibawah ini :

  • Melatih seseorang menjadi kreatif : dengan membangun blog dan selalu menulis artikel secara kontinyu, itu akan melatih diri kita menjadi lebih kreatif.
  • Menjadikan seseorang berwawasan luas : seorang blogger secara tidak langsung mereka akan dituntut untuk terus mencari materi baru untuk mereka jadikan postingan. Maka secara otomatis itu sudah merupakan kegiatan belajar yang akan bisa menambah wawasan blogger itu sendiri.
  • Membuat seseorang menjadi dikenal : jika tulisan pada blog kita dianggap bagus dan disukai oleh pembaca, otomatis orang-orang ini akan mengenal dan menyukai kita karena artikel yang kita tulis dianggap bermanfaat. Sudah banyak kok blogger Indonesia yang terkenal karena blog-nya :)
  • Banyak teman atau kenalan baru : menjalin pertemanan bisa dilakukan dengan sesama blogger maupun dengan pembaca umumnya.
  • Mendapat penghasilan tambahan : misalnya dari program iklan yang tayang di blog. Jika blog yang kamu buat bagus dan mempunyai banyak pembaca, selanjutnya kamu akan dengan mudah mendapatkan seseorang pemasang iklan yang bisa kamu ajak bekerjasama.
  • Serta masih banyak lagi keuntungan yang bisa kita dapat dari kegiatan blogging.

Bagaimana caranya membuat sebuah blog? Sedangkan saya sama sekali tidak memiliki basic ilmu untuk membuat website.

Untuk membuat sebuah blog sebenarnya tidaklah harus dibutuhkan keahlian khusus, karena di internet banyak sekali situs-situs web yang menyediakan platform pembuat blog. Tak perlu mencari yang premium, yang gratisan pun saat ini sudah banyak. Dua contoh yang paling banyak digunakan oleh para blogger adalah Blogspot dan Wordpress.
Selain gratis, yang menjadikan ke-dua situs tersebut cukup digemari dikalangan blogger di seluruh dunia yaitu karena sangat mudah dalam pengoperasiannya. Bahkan untuk seorang yang baru kenal dunia internet pun saya rasa akan bisa membuat blog dengan tangannya sendiri.Tinggal daftarkan email saja lalu mengikuti instruksi yang ditulis pada situs tersebut.

Namun untuk menjadi seseorang "Blogger Sukses" itulah yang tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras, keuletan ketekunan belajar dan terus berlatih. Ditambah lagi kesabaran dalam melakukan semuanya itu. Blogger Sukses yang saya maksud disini adalah Blogger yang telah mencapai titik puncak tujuan awal ia membuat blog. Misalkan tujuan seseorang membangun blog ingin mendapatkan uang dari blog nya, maka dia sudah bisa disebut Blogger Sukses jika ia sudah berhasil mendapatkan uang dari blog-nya itu.
Atau contoh lain seseorang membuat blog karena ingin tulisannya bermanfaat dan banyak dibaca orang, maka dia bisa dikatakan Blogger Sukses bila blog yang ia kelola tersebut sudah mempunyai trafic tinggi dengan pembaca setia yang menyukai tulisannya. Dll.

Adakah situs website atau blog yang mengajarkan langkah-langkah membangun blog?

Ada banyak sekali, bahkan sangat banyak. Kita tinggal melakukan Googling saja misal dengan mengetikkan keyword "Tutorial Blogger" atau "Tutorial Blogger Untuk Pemula" dan silahkan kamu kunjungi salah satu situs yang muncul di daftar hasil pencarian Google tersebut. Para master blogger baik dari Indonesia sendiri maupun blogger dari luar, banyak yang mengajarkan ilmunya kepada para juniornya melalui blog mereka.

Itulah diatas tadi penjelasan singkat yang saya tulis untuk temen-temen sesama newbie tentang definisi Blog. Semoga kalian terinspirasi untuk memulai membuat blog sekarang juga, dan mau belajar ngeblog bareng saya.
Jika ada temen-temen yang belum paham tentang definisi blog, silahkan tanyakan melalui kotak komentar dibawah. Itupun kalau saya bisa menjawab maka akan saya jawab, namun jika ternyata saya pun tidak bisa menjawab, yuk kita saling berdiskusi untuk mencari jawabannya. :)

2 komentar:

  1. Hmm, saya biasanya cuma menjelaskan blog itu seperti apa kepada yg bertanya. Pengertiannya langsung ngga tahu, he he

    BalasHapus
  2. Ah mbak bisa ªjª. Hihihi
    Saya saja malah banyak belajar dr blog-nya mbak kok.
    Makasih loh kunjungannya :) salam kenal lagi mbak

    BalasHapus

Berikan tanggapan kamu tentang artikel yang baru saja kita ulas diatas.
Sertakan link pada Username dan bukan kedalam isi komentar. Saya akan segera visit back :) Thanks

Blogger Template by Clairvo