Minggu, 13 Januari 2013

Mendaftarkan Blog Ke Google

Mendaftarkan Blog Ke Google - Adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan seorang Blogger setelah selesai membuat blog yaitu mendaftarkan blog-nya ke Search Engine seperti Google, Yahoo, dkk.
Sangat diwajibkan jika kamu ingin agar nantinya orang bisa menemukan blog kamu di SERP Engine dengan keyword yang tertarget.
Paling dianjurkan adalah mendaftar di Google, karena sama-sama kita tahu bahwa Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh Netter di berbagai negara.

cara mendaftarkan blog ke google

Tidak susah kok mendaftarkan blog kita di Google, hanya perlu beberapa langkah mudah saja. Silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.

1. Kunjungi halaman http://www.google.com/addurl 2. Apabila terdapat form login, silahkan LOGIN terlebih dulu dengan akun Google kamu
3. Sampai pada halaman http://www.google.com/addurl ketikkan Url blog yang ingin kamu daftarkan serta jangan lupa tulis kode Captcha yang ditampilkan.
Jika yakin semua sudah yakin benar silahkan klik "Kirim Permintaan"

cara mendaftarkan blog ke google
Jika berhasil akan muncul tulisan seperti ini :

cara mendaftarkan blog ke google

Sampai pada langkah ini kamu sudah berhasil mendaftarkan blog di Google namun masih ada yang harus kamu lakukan, yaitu memverifikasi kepemilikan Url. Hal ini adalah sebagai bukti ke Google bahwa kamu adalah pemilik resmi blog tersebut.

Ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

1. Buka halaman https://www.google.com/webmasters/tools
2. Pada tab menu, klik "Kelola Situs" lalu pilih "Tambahkan atau hapus pengguna"

 3. Selanjutnya sorot pada tulisan "Pemilik" kemudian klik "buka laman verifikasi pemilik"


4. Klik "verifikasi dengan menggunakan metode yang berbeda"


5. Klik "Tag HTML" kemudian Copy kode verifikasi yang diberikan Google, contoh kodenya seperti gambar dibawah ini :

cara mendaftarkan blog ke google

6. Silahkan menuju dashbor blog kamu, lalu pilih Edit Template => Edit HTML dan pastekan kode yang telah tercopy tadi dibawah tag <title><data:blog.pageTitle/></title>


7. Simpan Template

8. Kembali ke halaman Google Webmaster kemudian klik "Verifikasi"


9. Jika berhasil akan ada tulisan seperti ini  "Selamat, Anda telah berhasil memverifikasi kepemilikan http://myblog.blogspot.com"

Beberapa pengalaman menyebutkan bahwa Url blog yang baru terdaftar akan memerlukan waktu  beberapa jam bahkan sampai 2 hari baru blog tersebut terindeks sempurna oleh Google. Namun ada juga yang hanya perlu beberapa menit saja.
Sebaiknya langsung kamu chek saja dengan cara mengetikkan Url blog kamu di Google Search. Jika ternyata belum terindeks, coba lagi beberapa jam kedepan.
Semoga membantu.

5 komentar:

Berikan tanggapan kamu tentang artikel yang baru saja kita ulas diatas.
Sertakan link pada Username dan bukan kedalam isi komentar. Saya akan segera visit back :) Thanks

Blogger Template by Clairvo