Senin, 07 Januari 2013

Pengertian Link, Backlink Dan Link Building

Pengertian Link


Apakah pengertian Link ?

Link di sebut juga Hyperlink, yang dalam bahasa Indonesia berarti adalah tautan.
Di dunia internet istilah Link digunakan untuk menyebut suatu object (misal teks, gambar, dsb) pada halaman web yang didalamnya menyimpan suatu URL yang mengacu pada suatu halaman tertentu. Arah sebuah link bisa ke halaman lain ataupun pada halaman yang sama. Ke halaman mana target sebuah link ditentukan oleh orang yang membuat link itu sendiri.
Penjelasan versi sederhananya, Link pada dunia internet adalah suatu tulisan atau object lainnya yang bisa di klik karena didalamnya menyimpan Url.
Untuk contoh, dibawah ini saya akan membuat Link dengan Url didalamnya http://www.netterplus.com


Jika tulisan "www.netterplus.com" diatas di klik, maka otomatis akan menuju ke halaman depan blog ini.
Jadi www.netterplus.com diatas itu adalah sebuah Link.
Link atau tautan pada dunia internet disimbolkan dengan gambar rantai yang mengartikan suatu ikatan kuat.

Istilah lain yang perlu diketahui juga bagi seorang Blogger, ini masih erat kaitannya dengan Link yaitu "Anchor Text".
Anchor Text adalah istilah untuk menyebut teks atau tulisan yang yang tampil sebagai object dari sebuah Link. Seperti contoh Link diatas tadi, yang disebut Anchor Text adalah tulisan "www.netterplus.com".
Bisa juga Anchor Text kita rubah dengan kata atau kalimat lainnya, namun Url Link-nya tetap kita buat sama. Perhatikan contoh Link lagi dibawah ini :


Pada contoh link diatas Url Link nya tetaplah sama seperti contoh link yang pertama, yaitu http://www.netterplus.com, hanya object dari link saja yang berubah yaitu menjadi "Klik Disini".
Jadi kalimat "Klik Disini" itulah yang disebut Anchor Text.

Sebuah Link tidak hanya bisa dibuat pada tulisan atau teks saja, namun bisa juga dibuat pada gambar, animasi, button atau object yang lain. Sekarang perhatikan contoh link dengan gambar dibawah ini :


Gambar diatas juga merupakan sebuah link karena didalamnya menyimpan Url, sehingga gambar tersebut akan bisa di klik. Kecuali jika gambar tersebut tidak bisa di klik, maka itu bukanlah merupakan link.
Di internet kita akan banyak sekali menemukan link. Bahkan mungkin di setiap halaman web yang kita buka akan terdapat link di dalamnya. Dan sekarang saya yakin kamu sudah bisa mendefinisikan sendiri istilah dari link :)

Apakah pengertian BackLink ?

Backlink atau Linkback sama saja, intinya adalah sebuah Link Balik.
Adalah istilah untuk menyebut link kita yang terpasang di website blog lain. Disebut link balik karena link kita yang terpasang di website blog milik orang lain tersebut jika di klik akan mengarah ke website blog milik kita.
Lalu apa tujuan seorang Blogger meletakkan link di website blog milik orang lain ?
Backlink adalah salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi Pagerank atau peringkat suatu website blog dimata mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dkk. Semakin banyak jumlah Backlink suatu website blog, maka akan semakin bagus reputasi website blog tersebut dimata mesin pencari.
Perlu kita ketahui, Backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari website blog Dofollow yang mempunyai Pagerank tinggi. Semakin tinggi Pagerank website blog yang kita tanamkan link, maka akan semakin bagus kualitas Backlink nya.

Apakah pengertian Link Building ?

Link Building atau sebut saja membangun link, adalah aktifitas kegiatan dimana seseorang menanam link mereka pada situs-situs website blog lain untuk tujuan mendapatkan Backlink. Para blogger akan terus berlomba-lomba melakukan Link Building ini untuk mendapatkan Backlink sebanyak mungkin. Link Building merupakan kegiatan rutin yang di lakukan seorang blogger selain memposting artikel, dan saya kira itu akan cukup melelahkan bagi seorang Blogger yang mengutamakan SEO blog-nya.

Bagaimana cara melakukan Link Building ?
Link Building pada intinya adalah meletakkan Url Link kita pada website blog lain. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, yang paling mudah melakukan Link Building adalah dengan cara memberikan komentar pada blog dofollow dengan meletakkan Url blog kita saat berkomentar. Dan agar tidak dianggap sebagai Spamer, sebaiknya menyertakan link yang benar adalah pada nama komentator, bukan di dalam isi komentar.
Selain cara diatas, cara lain yang juga banyak dilakukan oleh Blogger yaitu dengan melakukan "Link Exchange".
Link Exchange adalah suatu metode yang dilakukan oleh pemilik website blog untuk saling bertukar link dengan pemilik website blog lain. Jadi dengan cara ini keduanya akan di untungkan karena sama-sama mendapat Backlink.
Sebagai gambaran, saya ingin mengajak kamu untuk bertukar link dengan blog saya. Setelah kita sepakat, maka saya akan meletakkan link blog kamu didalam blog ini, dan sebaliknya kamu pun juga meletakkan link saya di blog milik kamu. Meletakkan Link blog lain bisa dilakukan dibagian mana saja pada blog, misal di halaman khusus, di postingan, di sidebar, di footer, dsb. Tergantung kesepakatan ke-duanya mau ditaruh di halaman mana kah link-nya.
Selain untuk tujuan mencari Backlink, dengan bertukar link juga bisa dijadikan salah satu cara untuk menjalin persahabatan dengan blogger lain. Itulah sebabnya hampir semua pemilik blog akan senang melakukan Link Exchange, termasuk juga saya.

Adakah yang tertarik untuk Link Exchange dengan saya? Jika ada yang berkenan silahkan konfirmasi.
Saya akan senang melakukannya dengan kalian :)
Kalian boleh bertanya jika ada yang kurang jelas dengan penjelasan yang saya tulis diatas. Silahkan berkomentar.

2 komentar:

  1. nice post.,bertambah ilmuku tentang backlink...thanks

    BalasHapus
  2. Makasih gan atas penjelasan lengkapnya, saya masih newbiew, akan saya coba terapkan gan :)

    BalasHapus

Berikan tanggapan kamu tentang artikel yang baru saja kita ulas diatas.
Sertakan link pada Username dan bukan kedalam isi komentar. Saya akan segera visit back :) Thanks

Blogger Template by Clairvo